Pengertian dan Macam-Macam Najis dalam Islam



Pengertian Najis, Macam-Macam Najis - Najis artinya segala sesuatu yang kotor menurut agama sehingga dapat menghambat atau menghalangi seseorang untuk beribadah kepada Allah swt. Najis sendiri merupakan perkara yang dapat membatalkan shalat, tetapi tidak membatalkan wudu. Sebelum melakukan ibadah seperti halnya shalat dan tawaf(haji), seseorang harus suci, baik anggota badan, pakaian maupun tempat.

Berdasarkan ringan atau tidaknya suatu najis, najis sendiri dibedakan menjadi tiga yaitu najis mukhaffafah, najis mutawasitah, dan najis mugalazah. Ketiga jenis najis ini mempunyai perbedaan dari sebab dan cara menyucikannya.

  1. Najis Mukhaffafah
          Yaitu najis yang ringan. Misalnya air kencing anak laki-laki yang berumur kurang dari dua tahun dan belum makan apa-apa kecuali susu ibunya. Adapun air kencing bayi perempuan yang seusia itu tidak termasuk najis Mukhaffafah. Cara menyucikan najis mukhaffafah yaitu dengan memercikan air atau menngusapnya pada benda yang terkena najis. Artinya, Air tidak perlu sampai mengalir pada pakaian tersebut (tidak harus dicuci untuk membersihkannya)

      2. Najis Mutawasitah
  
          Najis mutawasitah merupakan najis sedang atau najis pertengahan antara berat dan ringan. Misalnya, air kencing, tinja, dan darah haid. Najis ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu najis hukmiyah dan najis 'ainiyah.

Najis hukmiah merupakan najis yang disebabkan oleh zat, bau, warna dan rasa yang tidak terlihat, tetapi diyakini adanya (darah haid yang telah kering). Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok dan mengalirkan air di atas benda yang terkena najis tersebut.
Najis 'ainiyah yaitu najis yang disebabkan oleh zat, warna, rasa dan bau yang nyata. Cara menyucikannya yaitu dengan menghilangkan sifat najis tersebut.

      3. Najis Mugalazah

          Najis Mugalazah merupakan najis yang berat. Misalnya,  wadah yang terkena air liur anjing. Cara menyucikannya yaitu dengan membasih bagian yang terkena najis dengan air tujuh kali, dan salah satnya dicampur atau menggunakan tahan.

Demikianlah pengertian dan macam-macam najis dalam agama islam. Sebagai seorang muslim wajib mengenal dan mengerti apa itu najis dan bagaimana cara membersihkannya, sehingga ibadah yang akan kita lakukan lebih khusyuk dan menjadi sah di mata Allah swt Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »