Perkara Yang Menjadikan Suatu Doa Tidak Terkabulkan

Siapa yang tidak ingin doanya langsung terkabut? Semua orang pasti ingin doa yang ia panjatkan langsung diijabah oleh Allah swt. Namun ada beberapa perkara yang menjadikan suatu doa tidak terkabulkan.



                Doa yang kita haturkan kepada Allah swt harus diperhatikan supaya tidak muncul perkara yang menjadikan doa tidak terkabulkan. Berikut ini perkara yang menjadikan doa tidak terkabutlakn, antara lain :

  1. Tidak mempunyai keyakinan ketika berdoa
                Berdoa dengan penuh keyakinan? Ya itulah rahasia doa yang tidak semua orang tahu, dengan keyakinan sang pendoa dan disitulah doa akan terkabunl. Bagaimana mungkin Allah swt akan mengabulkan suatu doa jika dalam dirinya hanyal muncul sebuah keraguan, padahal tidak perlu kita ragu kepada Dzat yang begitu Maha Perkasa. Maka ketika kita bedoa, yakinlah dengan keyakinan 100 bahkan 1000 persen, seperti hadits berikut ini. "Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai lagi main-main" (H.R atTirmidzi, dishahihkan al-Hakim dan dihasankan al-Albany)

Baca Juga :

  1. Harta yang dimiliki berasal dari harta yang haram
                Rasulullah saw pernah bercerita tentang keadaan seorang yang sedang melakukan safar yang panjang, rambutnya kusut, wajahnya berdoa, kemudian kedua tangannya mengadahkan tangan ke langit yang begitu luas dan berkata : "Wahai Rabbku, wahai Rabbku". Padahal jikat dilihat makanan yang ia makan setiap hari haram, minumnya yang ia minum setiap saat haram, pakaian yang ia pakai setiap hari haram, mendapatkan gizi pun dari yang haram-haram, bagaimana bisa diterima doanya jika yang ada dan melekat pada tubuh itu haram.

  1. Tergesa-gesa dalam berdoa
                Berdoalah dengan tenang dan khusyuk, karena berdoa tidak seharusnya dalam keadaan tergesa-gesa. "Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selama tidak tergesa-gesa dengan mengatakan: Aku telah berdoa tapi tidak dikabulkan." (H.R alBukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

  1. Doa memiliki dosa atau bisa memutuskan ikatan silahturahmi.
                Berdoalah tanpa mengandung dosa atau kebathilan dan keburukan apalagi sampai meminta memutuskan silaturrahmi. "Tidaklah seorang muslim berdoa dengan suatu doa yang tidak mengandung dosa atau memutuskan silaturrahmi kecuali Allah akan beri 3 kemungkinan.” (H.R atTirmidzi, Ahmad, dishahihkan oleh al-Hakim dan dinyatakan bahwa sanad-sanadnya jayyid(baik) oleh al-Bushiry)

Baca Juga :

                Demikianlah perkara yang menjadikan doa tidak terkabul. Tetapi harus diingat semua tidak semua doa akan dikabulkan oleh Allah swt, karena ketentuan Nya lah yang tidak dapat kita tentang. Terkadang apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan diri kita dan pasti akan digantikan dengan sesuai yang baik, sesuatu yang indah dari pada apa yang kita inginkan, itulah Allah swt yang Maha Mengetahui. Tetapi kita juga harus selalu yakin bahwa apa yang kita pinta ketika kita memanjatkan doa baik itu setelah sholat atau kapan pun, Allah swt pasti mendengar dan akan mengijabah keinginan kita. Amin. Terima Kasih.

                Waasalamualaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »