Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas

            


Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas - Dalam Islam kita pasti mengenal Taharah atau bersuci, setiap orang muslim diwajibkan untuk bersuci. Apalagi jika hendak menunaikan ibadah tertumata ibadah shalat, karena salah satu syarah sah melaksanakan shalat yaitu bersuci baik dai hadas kecil maupun hadats yang besar. Nah loh, apa itu lagi hadas? Bagi yang belum mengenal hadas coba baca sedikit pemahaman di bawah ini.

            Setiap muslim mutlak atau wajib mengerti berbagai macam hadas dan bagaimana cara untuk menyucikannya. Hal tersebut dikarenakan ada sebagian ibadah yang mewajibkan orang muslim yang akan melaksanakannya itu harus dikerjakan terlebih dahulu, seperti halnya shalat dan tawaf membutuhan syarat bersuci terlebih dahulu sebelum melaksanakannya. Jika kita berhadas dan belum menyucikannya sudah barang tentu shalat atau tawaf yang akan kita kerjakan menjadi tidak sah.

            Hadas sendiri memiliki arti yaitu keadaan tidak suci. Hadas adalah segala sesuatu yang dapat membatalkan shalat dan wudlu, seperti dalam Hadits berikut ini.

"Dari Aub Hurairah ra, Bahwa Nabi saw Bersabda : "Allah tidak Menerima salat salah seorang muslim dari kalian, jika ia berhadas sehingga ia berwudlu..... " (HR. Bukhari dan Muslim)
            

Berdasarkan ringan dan tidaknya, hadats dibedakan menjadi dua yaitu hadas besar dan hadas kecil. Kedua jenis hadas ini memiliki perbedaan sebab dan cara menyucikannya.
  1. Hadas kecil adalah segala sesuatu yang mengharuskan seseorang berwudu apabila hendak melaksanakan salat. Seseorang dikatakan berhadas kecil jika telah buang air besar, buang air kecil dan kentut. Cara untuk menghilangknnya yaitu dengan berwudu jika ada air dan tayamum jika tidak ada air.
  2. Hadas besar ialah segala sesuatu yang mewajibkan seseorang mandi wajib. Seseorang dianggap mempunyai hadas besar, antara lain jika mengalami haid, nifas, junub dan mengeluarkan air mani/sperma. Cara untuk menghilangkan hadas besar adalah dengan mendi wajib jika ada air .

            Demikianlah pengertian hadas dan macam-macam hadas, semoga bisa memberi sedikit pengertian. Perlu di ingat ini hanya segelintir kecil informasi atau ilmu tentang hadas dan bagaimana cara menyucikannya, semoga dengan adanya artikel kecil ini kita bisa lebih meningkatkan lagi untuk lebih memperdalam ilmu agama kita. Semoga bermanfaat. Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »