Berita Bohong Menurut Islam


                Di dalam keseharian kita, kita sudah sering menjunmpai dan mendengar berbagai macam cerita, gosip, desas-desus dan sebagainya yang kita sendiri belum tahun kebenarannya hal-hal tersebut. Terkadang apa yang kita dengar bisa saja lebih besar atau bisa dikatakan sudah terjadi perubahan cerita yang drastis ataupun sebaliknya. Bahkan kadang cerita yang entah benar atau bukan tersebut menimpa keluarga, sahabat, orang terdekat kita atau bahkan tetangga di samping rumah kita, ya kita sudah pasti sering menjumpai hal tersebut. Bahkan terkadang orang dengan kejamnya membuat atau membesar-beasarkan sebuah cerita untuk menghancurkan rumah tangga orang lain, hanya dengan membuat sebuah cerita. Yang tentunya belum tentu kebenaranya dan kita yang menjadi pendengar bisa ikut-ikutan mengamini cerita tersebut dilanjutkan ikut menyebarkannya sehingga menjadi bola saju yang menggelinding terus membesar.

            Nah, bagaimana sikap kita terhadap berita-berita, desas-desus, gosip dan cerita yang belum kita ketahui kebenarannya??

            Dalam artikel yang saya buat singkat ini, saya akan sedikit memberi gambaran, bagaimana kita seharunya bersikap menanggapi hal-hal tadi seperti di atas.

            Allah berkata di dalam Al Hujurat ayat 6 :

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah degan teliti, agar kami tidak menimpakan suatu musibah, kepada suatu kaum, tanpa mengetahui keadaanya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu.

            Di dalam ayait ini Allah ingin mengingatkan kaum muslimin untuk selalu bisa menjaga diri mereka dari desas desus yang ada dan mencari kebenaran yang ada. Karena tidak semua berita yang kita dengarkan itu mempunyai nilai kebenaran yang sesungguhnya, bisa saja berita itu sudah dirubah entah itu dikurangai atau bahkan dibesar-besarkan. Musuh-musuh kita selalu mencari kesempatan untuk menguasai kita semua. Karena itu kita wajib mencari kebnaran yang sesungguhnya atau bahkan kita bertanya kepada orang yang sedang kita ceritakan itu (untuk mencari kebenaran).

            Sudah sangat jelas bahwa kaum muslim sangat membutuhkan ayait ini, suapay mereka baca, dipahami, direnungi. Karena zaman sekarang sudah banyak berbagai macam firnah atau cerita bohong yang sudah begentayangan di sekitar kita. Kita sebagai seorang muslim wajib menfilter dengan cara mencari kebenaran yang sesungguhnya. Intinya yaitu jangan mudah percaya dan betabayyun.

Baca Juga :


            Demikianlah artikel yang singkat ini, semoga bisa memberikan sedkit wawasan kita, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »