Pengertian Mandi Wajib dan Tata Cara Mandi Wajib


                Pengertian Mandi Wajib dan Tata Cara Mandi Wajib - Salah satu cara bersuci adalah dengan mandi wajib. Mandi wajib merupakan mandi dengan cara menyiramkan air atau meratakan air ke seluruh tubuh dengan niat menghilangkan hadas besar yang menempel bada tubuh kita. Seseorang dikatakan wajib untuk melaksanakan mandi wajib ketika mendapati tubuhnya terkena hadas besar, contoh hadas besar antara lain :
  1. Bersetubuh (hubungan suami istri)
  2. Keluar air mani/sperman
  3. Selesai melahirkan
  4. Selesai nifas (darah yang keluar setelah melahirkan)
  5. Selesai haid, dan
  6. Meinggal dunia kecuali mati syahid
                Ketentuan mandi wajib sendiri telah diatur dengan jelas baik itu di Al Qur'an maupun Hadits, coba perhatikan beberapa ayat dan hadits yang menjelaskan tentang mandi wajib :

QS. Al Maidah ayat 6

".... Dan jika kamu junub hendaklah bersuci (mandi) "

QS An Nisa Ayat 43

"......(jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi....."

Hadits Riwayat Muslim
"Dari Anas bin Malik, ia berkata : ada seorang wanita bertanya kepada Rasulullah saw, tentang seorang wanita yang bermimpi (keluar mani) sebagaimana orang laki-laki bermimpi (keluar mani). Maka Rasulullas saw bersabda, "apabila terjadi dari wanita itu sebagaimana yang terjadi pada laki-laki, maka hendaklah dia mandi". (H.R Muslim)

                Setiap muslim haris mengerti penyebab dan tata cara mandi wajib yang sudah diataur dalam agama Islam. Hal ini teramat sangat penting karena suatu saat kita akan mengalami apa yang menyebabkan mandi wajib dan diharuskan untuk melaksanakan mandi wajib. Contohnya, bagi seorang wanita yang sudah mulai beranjak dewasa dan sebagai wanita yang normal sudah pastilah mengalami apa yang dinamakan mestruasi atau masyarakat umum mengatakannya sebagai haid dan bagi seorang laki-laki yang sudah beranjak dewasa pula sepeti halnya wanita tadi pasti akan mengalamai apa yang dinamakan mimpi basah atau bermimpi yang menyebabkan keluarnya sperma tanpa disengaja, karena kedua hal ini secara normal akan dialami baik laki-laki(mimpi basah) maupun perempuan (haid). Jika kedua  hal ini telah terjadi mau tidak mau atau suka tidak suka sebagai seorang muslim yang taat kamu harus dan wajib melaksanakan mandi wajib

Bagaimana cara mandi wajib? Sebelum mandi wajib, pastikan terlebih dahulu kamu telah mengalami hadas besar (mengalamai salah satu penyebab mandi wajib). Kemudian siapkanlah peralatan mandi secukupnya, seperti sabun, sampo, pasta gigi dan lain sebagainya. Adapaun langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan mandi wajib sebagai berikut.

  1. Niat
                 Artinya : Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardlu karena Allah ta'ala
        
  1. Membaca Basmalah
  2. Membasuh kedua tangan sambil mengikhlaskan niat karena Allah swt
  3. Memcuci aurat atau kemaluan atau kubul dan dubur dengan tangan kiri
  4. Berwudu
  5. Menuangkan air di atas kepala tida kali dan meratakannya keseluruh tubuh
  6. Membasuh kedua kaki dengan mendahulukan yang sebeluah kanan
  7. Tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan air
  8. Berdoa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »