Puasa Nadzar


Puasa Nadzar


Puasa nadzar. Apa sih Puasa Nadzar itu? Puasa Nadzar? Puasa Nadzar, puasa yang seperti apa? Mungkin bagi yang belum mengenal puasa yang satu ini akan bertanya-tanya. 

Namun siapa yang tidak kenal puasa nadzar, belum tahu apa itu puasa nadzar, mari kita kenalan dulu dengan puasa yang satu ini, puasa nadzar biasanya dilakukan ketika ingin meminta sesuatu dan permintaan tersebut dikabulkan oleh Allah swt. Bagi seorang muslim yang gemar meminta suatu perkara kepada Dzat yang Maha Agung Allah swt kemudian Allah swt mengabulkan permintaanya, lalu muslim tersebut menjanjikan akan berpuasa setelah permintaanya terkabul, sudah pasti muslim yang satu ini kenal apa itu puasa nadzar. 

Banyak orang mengkait-kaitkan puasa nadzar sebagai puasa hutang. Sehingga kita wajib membayar hutang tersebut, terlebih lagi kita sudah berhutang kepada Allah swt.

Baca Juga :

Ada beberapa ulama yang berbeda pendapat, ketika saya kuliah di salah satu PTAIN di jawa tengah pun ada beberapa versi tentang bagaimana hukum melaksanakan puasa nadzar ini. Ada yang berpendapat bahwa sah-sah saja melakukan puasa nadhar, tapi ada juga yang mengatakan "puasa kok nunggu permintaan terkabul, bukannya puasa itu salah satu ibadah supaya kita lebih dekat lagi kepada Nya". Itulah beberapa pendapat orang tentang puasa nadhar. Jadi apa sih itu pasa nadhar??

Puasa nadzar adalah puasa yang wajib ditunaikan seorang muslim yang sudah berjanji akan melaksanakan puasa ketika keinginannya terkabulkan oleh Allah swt. Contoh saja yang sering dilakukan anak remaja SMP dan SMA yang sudah kelas 3, mereka biasanya akan berpuasa nadhar jika mereka lulus Ujian Nasional.

Puasa nadzar sendiri secara bahasa artinya mengharuskan, sementara jika dilihat dari pengertian secara istilah yaitu perbuatan seorang mualaf (orang baru masuk islam atau orang yang beru terbebani syariat Islam) yang mengharuskan dirinya dengan satu bentuk ibadah, yang mana sesuatu itu pada asalnya tidak wajib atas orang tersebut.

Hadits riwayah Abdullah bin Umar berkata "suatu hari Rasulullah saw melarang kami bernadzar, beliau bersabda : " Sesungguhnya nadzar itu tidak dapat menangkal sesuatu apa pun terjadi hanya untuk mengeluarkan sesuat dari orang yang kiki.

            Hukum nadzar sendiri terbagi menjadi dua yaitu
  1. Nadzar syar'i atau nadzar yang diperuntukan kepad Allah swt
  2. Nadzar syirik yaitu nadzar yang diperuntukan kepada selain Allah swt.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Apaitu Puasa Nadzar, semoga bisa memberikan penjelasan kapada kita semua, sehingga kita bisa beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah swt dengan lebih baik lagi. Silahkan share artikel ini jika merasa artikel ini baik. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »