Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan - Masyarakat indonesia sudah sangat familiar dengan kegiatan membatasi asupan makanan untuk tutubh tersebut. Terutama bagi masyarakat yang beragama Islam yang sering ada sebuah kegiatan puasa sunah, seperti puasa sunah senin-kamis, puasa Nabi daud dan yang wajib dikerjakan setiap muslim selama satu bulan yaitu puasa ramadhan. Banyak yang klaim yang menjadikan puasa memiliki berbagai macam manfaat mulai dari klaim yang dapat memberikan asupan bagi otak sampai memberikan peningkatan kekebalan tubuh. Itulah beberapa klaim manfaat puasa.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


        Banyak sekali fakta yang tersembunyi yang belum diketahu banyak orang tertang manfaat puasa bagi kesehatan. Banyak jurnal luar negeri yang memaparkan manfaat puasa baik itu puasa senin kamis, puasa daud dan puasa ramadhan.
Berikut ini beberapa manfaat berpuasa sunah atau wajib :

- Meberikan peremajaan kulit.
- Mendetoks racun di dalam tubuh
- Dapat menurutnkan tekanan darah
- Menurunkan Kadar kolesterol
- Menghambat penuaan dini
- Menenangkan jiwa
- Dll.

Baca Juga :

          Allah swt sudah menciptakan badan manusia dengan sistem yang begitu canggih. Sehingga jika ada masalah yang muncul i dalam tubuh, tubuh seketika itu akan bereaksi dengan begitu cepat.

         Yang paling penting manfaat puasa sunah bagi kesehatan adalam puasa memberikan ketenangan jiwa. Mengambil pendapat dari salah satu imam yaitu Imam Barakat Abdullah ba'lawiy Al-Hadad, puasa itu memiliki dua bagian yaitu ruh dalam bentuk jiwa dan bentuk. Jika dilihat dari bentuk, puasa itu menahan  nafsu diri dari yang membatalkan puasa yaitu makan, minum dan bersetubuh dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sementara dilihat dari ruh atau jiwa puasa yaitu menahan diri dari berbuat dosa, dan mengerjakan yang wajib dan sunah.

      Dengan dua bagian penting tersebut, manusia diajarkan untuk selalu menahan diri sehingga menjadi pribadi yang mampu mengendalikan jiwanya sendiri. Sehingga memberikan efek yang bagus baik bagi badan atau jiwanya.

           Banyak sudah penelitian yang menyebutkan manfaat puasa bagi kesehatan manusia, dari mulai sebagai cara berdiet, mengontrol kolesterol dan banyak lagi. Hal inilah yang menjadikan Rasulullah saw menganjurkan umatnya untuk sring melakukan puasa, terutama puasa sunnah, seperti sabda Rasulullah saw :

       “(pahala) Amalan di angkat pada hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku di angkat aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

         Manfaat puasa bagi kesehatan sudah tidak bisa diragukan lagi, karena sudah banyak penelitian dan baginda rasul pun menganjurkannya. Sehingga kita tidak perlu ragu untuk mengerjaknnya. Diawal-awal psti sukar untuk mengerjakannya, tetap jika puasa itu sudah menjadi sebuah kebiasaan dan bahkan menjadi sebuah kebutuhan, hal yang tadinya sukar untuk dikerjakan akan terasa sangat mudah dilakukan. Semoga Bermanfaat.


            Wassalamu'alaikum Wr Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »