Hikmah Puasa Senin Kamis

Hikmah Puasa Senin Kamis - Puasa merupakan salah satu amaliyah yang utama dalam agama Islam. Puasa memberikan banyak berbagai macam faedah atau manfaat bagi siapa saja yang bisa menjalankannya, baik itu manfaat dhohir atau manfaat batin. Puasa sendiri telah banyak diteliti oleh ilmuan diseluruh penjuru dunia, dan mereka sepakat bahwa puasa memberikan dampak positif bagi orang yang menjalankan puasa. Sehingga banyak orang yang mulai sadar dan mengerti betapa pentingnya puasa yang dilihat bukan hanya dari sisi agama tapi juga dari sisi kesehatan.



                Di dalam agama Islam, puasa sendiri dibagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib yaitu puasa yang harus dikerjakan oleh seorang muslim dan hukumnya Fardlu 'ain dan tidak boleh ditawar-tawar lagi, dan jika tidak dilaksanakan akan menadapatkan dosa, misalnya puasa bulan Ramadhan dan Puasa Nadhar(Puasa karena telah Berjanji kepada Allah). Selanjutnya ada puasa sunnah yaitu puasa yang tidak wajib dilaksanakan tapi memiliki faedah atau nilai pahala yang tinggi.

                Kali ini penulis ingin membahas salah satu amalan puasa sunnah, karena kita ketahui puasa sunnah itu ada beberapa macam. Contohnya puasa senin kamis, puasa arafah dan sebagainya. Kali ini penulis ingin mengupas hikmah puasa senin kamis yang dilihat dari berbagai apsek baik itu aspek batin atau aspek dhohir.







                Makasud dari pernyataan pintu surga akan dibuka di kedua hari tersebut yaitu senin dan kamis dimana setiap orang muslim akan diampuni dosa-dosanya terkecuali orang mukmin yang selalu bermusuhan. Dalil tersebut ditunjang juga oleh Shahih Muslim dari Abu Hurairah ra

Dari aspek kejiwaan dengan rutin melaksanakan puasa senin dan kamis akan menjadikan kita lebih tenang dalam bersikap, karena dengan perasaan lapar dengan mengharap ridho Allah swt kita bisa menjadi lebih dekat dan menjadikan diri kita selalu ingat akan kebesaran Allah swt. Perasaan inilah yang menjadikan jiwa kita diolah kembali mejadi lebih baik lagi. Apalagi jika menyangkut hawa nafsu, dengan berpuasalah hawa nafsu kita bisa ditekan, salah satu cara meredam hawa nafsu adalah dengan berpuasa.
                Dengan berpuasa senin kamis (sering berpuasa) ini menjadikan jiwa sosial kita lebih terpanggil. Kita lebih mudah merasakan simpati kepada orang lain terutama bagi mereka yang dalam kehidupaanya mengalami banyak kesusahan. Ini tentunya sangatlah baik bagi berkehidupan dengan masyarakat sekitar terutama kepada sesama muslim. Kita lebih mudah membantu kepada sesama manusia terutama bagi yang sedang kesusahan, kita tidak bisa memungkiri kita mempunyai sifat egois atau merasa acuh dengan sekitar padahal Allah swt dengan Rasulnya Nabi Muhammad saw, sangat menganjurnya umat islam saling berbagi dan membantu sesama muslim yang kesusahan. Sehingga dengan berpuasa inilah kita akan diajarkan lebih berempati kembali, bahwa mereka di luar sana masih banyak yang kekurangan dan sebagai seorang muslim yang taat sangatlah salah dan tidak pantas kita menelantarkan atau membiarkan saudara, tetangga, teman atau siapapun berada dalam kekurangan.

Demikanlah beberapa Hikmah Puasa Senin Kamis, Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu beribadah, tidak hanya beribadah yang wajib saja, ibadah sunah pun harus bisa kita kerjaan. Semoga bisa memberi manfaat.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »