Doa Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan (Arab dan Terjemahan)

                
            Membaca doa setelah boleh berbuka puasa sepertinya setiap orang sudah hafal akan bacaannya, bisa dikatakan sudah diluar kepala.  Karena doa berbuka puasa pasti kita lafalkan ketika sedang menjalani puasa Ramadhan satu bulan penuh. Kita juga sering didengarkan baik itu di media televisi nasional atau lewat siaran radio yang biasanya disiarkan dari masjid-masjid.



                Tetapi yang menjadi perkara sekarang adalah apakah doa berbuka puasa ketika di bulan Ramadhan sudah benar sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh baginda Rasulullah saw? Karena selama ini yang kita tahu doa berbuka puasa yang sudah lazim dan sudah banyak orang mengetahuinya adalah seperti ini :



                Artinya : "Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih".

                Doa di atas sudah begitu melekat di masyarakat indonesia dan memang sudah barang tentu doa yang satu ini bisa dihafalkan oleh orang muslim indonesia tentunya. Sebenarnya masih ada doa lain yang diriwayatkan dari para sahabat. Pasti banyak orang yang belum mengetahuinya kan? Berikut ini  doa berbuka puasa menurut Abu Daud:



                Artinya : "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insyallah".

Baca Juga :

                Timbul beberapa masalah setelah mengetahui hal diatas yaitu manakah yang sebenarnya  paling baik diamalkan? Karena memang ada yang mengatakan doa yang pertama itu diambil dari hadits dhaif, sementara doa yang kedua diambil dari hadits yang shahih. Terlepas dari itu semua penulis mengambil titik tengah yaitu selama doa yang pertama di hafalkan dan dijalani dengan benar sehingga bisa menambah kekhusyu'an dalam beribadah dan bisa lebih menjadikan kita lebih dekat lagi kepada Allah terutama dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan kenapa tidak. Kita mengamalkan doa yang keduanya pun tidak ada masalah, atau bisa juga kita mengamalkan keduanya secara bergantian menurut penulis juga tidak masalah, karena yang perlu ditekankan adalah ibadah puasa kita bisa menjadikan kita hamba yang selalu mendekatkan diri kepada Allah swt, menjadikan kecintaan kita kepada Allah wt bertambah setiap harinya.


                Demikianlah Doa Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan (Arab dan Terjemahan). Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan kita lebih bertambah ilmu agamanya dan yang paling penting menambah rasa cinta dan keinginan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada NYA. Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »