5 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

5 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan-Puasa Ramadhan? Setiap muslim wajib menjalankannya, baik itu muda (sudah baligh), tua atau wanita (dalam keadaan tidak hamil dan haid) dan laki-laki semua wajib menjalankan puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan mengajarkan dan melatih kita agar selalu sabar dalam beribadah dan bisa merasakan betapa susahnya hidup sahabat muslim yang tidak memiliki kebutuhan materi yang berlimpah untuk makan saja susah.



            Puasa ramadhan memiliki berbagai macam keutamaan, keutamaan ini yang memberikan semangat kita untuk menambah khsuyuk dalam beribadah puasa ramadhan. Berikut ini 5 keutamaan puasa ramadhan :
  1. Puasa adalah sebuah perisai
            Ya, Puasa merupakan perisannya seorang muslim. Seperti sabda Rasulullah saw "Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka". (HR. Ahmad dan Baihaqi)
  1. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang begitu luar biasa
            Allah swt menjanjikan pahala yang begitu luar biasa. Bahkan Rasulullah saw sendiri merasa sangat bersedih jika ditinggal oleh bulan yang begitu penuh rahmat yaitu Bulan Ramadhan. Karena kita tahu Allah membukakan pintu selebar-lebarnya pintu surga dan menutup pintu neraka.
  1. Bau mulut orang yang sedang berpuasa lebih harum dari Misik/Kasturi dihadapan allah swt
                        Hal ini juga dijelaskan bahwa Rasulullah saw bersabda “Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah,’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim)
  1. Orang yang berpuasa Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya
                        Dari Abu Hurairah ra, Rasululah saw bersabda : “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)
  1. Bulan Penuh Keberkahan
            Di bulan puasa ramadhan, Allah memberikan jalan seluas-luasnya bagi semua muslim untuk memperbaiki diri dengan melatih melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya melatih saja, tetapi Allah swt juga melipat gandakan semua segala macam ibadah dengan pahala yang begitu berlimpah. Hal ini dilakukan supaya semua orang Islam bisa berbondong-bondong untuk beribadah kepada Allah swt.
            Demikianlah 5 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan ilmu atau sharing ilmu kepada sesama muslim. Sehingga kita bisa menjadi seorang muslim sesungguhnya dan menjadikan kita lebih dekat kepada Allah swt. Terima Kasih
            Wasaalamu'alaikum Wr Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »