Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar dari Munafik

            


           Munafik memiliki arti menyembunyikan kekafiran di dalam hatinya dan menampakkan keimanan dalam lidahnya. Ketika kalian bertemu dengan orang-orang yang beriman, ia akan mengaku yang beriman. Tetapi ketika bertemu dengan orang-orang sekelompoknya maka dengan seketika ia kan mengatakan, aku termasuk kelompokmu. Ia akan mengucapkan dengan mudahnya bahwa ia berminan namun perkataan yang keluar dari mulutnya hanya sebagai pemanis semata tidak akan sampai ke dalam hati yang sesungguhnya. Sebagian orang mengatakan bahwa orang munafik merupakan orang yang berwajah dua.

Ciri-Ciri Orang Munafik
Hadits Rasulullah saw.
Dari Abu Hurairah Nabi saw telah bersabda : "Tanda-tanda orang munafik ada tida macam yaitu apabila berkata ia dusta, apabila berjanji tidak menepati, dan apabila dipercaya ia mengkhianati" (HR. Al Abukhari : 32)
Dari keterangan hadits di atas dapat kita bagi ciri-ciri orang munafik menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Pendusta
Orang yang mempunyai sifat munafik selalu melakukan perbuatan dusta. Dia tidak bertingkah laku apa adanya, yang dikatakan selalu bertolak belakang dengan apa yang ada dalam hatinya.
"Dan Allah menyaksikan bahwa orang munafik benar-benar pendusta" (QS. Al Munafiqun 1)
  1. Pengumbar Janji
Orang munafik mudah mengumbar janji bahkan janji itu selalu disertai dengan bersumpah. Tetapi sumpah itu hanya sumpah palsu.
"Mereka menjadikan sumpah-sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah (QS. Al-Munafiqun 2)
  1. Pengkhianat
Orang munafik adalah sosok orang yang senang untuk berkhianat. Ketika dia diberi suatu amanat dia menggunakannya dengan sewenang-wenang.
"Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafiq) takut kepada manusia (musuh), seperti takut kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata : Ya Tuhan kami, Mengapa Engkau wajibkan berperang kepad kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi? " (QS. An Nisa 77)

Cara menghindari sifat Munafik
  1. Berusaha selalu mendekatkan diri Kepada Allah swt
  2. Membiasakan diri dalam keadaan berwudu
  3. Memperbaiki setiap keburukan dengan selalu berbuat baik kepada semua orang
  4. Mulai menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan mulailah dari dosa-dosa kecil
  5. Senantiasa merasa selalu di awasi oleh Allah swt
  6. Senantiasa mengingat kematian
  7. Senantiasa menjaga lisa
  8. Selalu ingat bahwa Allah swt maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui dan maha mengawasi
  9. Berusaha untuk mencontoh perilaku Rasulullah saw
  10. Tidak memaksakan menerima amanah yang kita tidak sanggup memikulnya.


            Demikianlah pengertian kecil apa itu munafik, apa sja ciri-ciri orang yang memiliki tingkah laku munafik dan bagaimana cara untuk terhindar dari sifat menunafik itu sendiri. Semoga dengan adanya tulisan yang sangat singkat ini bisa memberikan motivasi kepada kita untuk lebih mawas diri dan bisa membaca diri kembali apakah dalam diri kita masih banyak atau sering melakukan ciri-ciri, karena Allah swt sangatlah membenci perilaku munafi tersebut. Semoga bermanfaat. Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »