Syarat Agar Sedekah Kita diterima Oleh Allah SWT


            Sedekah- Siapa yang tidak tahu makna sedekah? Sedekah adalah jika ada seorang muslim yang memberikan sesuatu dalam bentuk barang, uang atau makanan dengan perasaan ikhlas kepada sesama muslim. Semua orang Islam pasti tahu apa itu sedekah. Sedekah adalah salah satu cara seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah, dengan bersedekah kita diajarkan untuk berempati kepada orang lain dengan cara memberikan sebagai harta kita kepada orang yang memerlukannya, baik itu orang miskin, anak yatim piatu dan sebagainnya. Dengan kita melaksanakan sedekah isyallah kelak kita akan terlindungi dari azab yang pedih di hari kiamat kelak. Sangatlah besar manfaat dari bersedekah, namun perlu di ingat bersedekah harus karena Allah swt, bukan karena ingin dipuji oleh orang lain.


            Bersedekah, ingin supaya sedekah kita benar-benar mendapatkan tempat disisi Allah swt? Kami akan menjelaskan beberapa syarah supaya sedekah yang kita lakukan bisa diterima oleh Allah swt.
            Ikhlas, ya begitu penting esensi ikhlas dalam hal bersedekah, tanpa ikhlas bisa saja nilai pahala yang kita harapkan dari Allah bisa hilang begitu saja, tentu sangat disayangkan. Apapun yang kita lakukan terutama dalamhal yang berkaitan dengan ibadah harus selalu dilandaskan dengan sebuah keikhlasan. Dan perlu diingat pula, jangan sampai kita bersedekah karena riya' ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain bahwa kita orang yang dermawan, orang yang suka bersedekah. Orang yang suka riya' biasanya akan disiksa oleh begitu berat kelak di hari akhir.
2.      Belajar nebgetahui kewajiban-kewajiban dalam bersedekah
            Sebelum orang bersedekah, orang tersebut harus mengetahui hal-hal apa saja yang wajib kita lakukan, meskipun kita harus bertanya kepada orang yang berilmu terlebih dahulu. Karena jangan sampai kita memberikan harta kita kepada orang yang salah. Karena Allah sudah menentukan atau dalam hal ini sudah mensyari'atkan ketentuan-ketentuan dalam bersedekah. Sehingga kita perlu mendahulukan mana yang lebih dahulu.
3.      Sedekah dari hasil yang Halal
            Jangan sampai harta yang akan disedekahkan merupakan harta yang diperoleh dari hasil yang tidak halal. Misal yaitu harta yang berasal dari mencuri, mencopet bahkan korupsi. Sebagaimana Rasullual saw bersabda "Tidaklah seseorang bersedekah dengan harta yang baik, dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik-baik, melainkan Allah akan mengambil dengan tangan kanan-Nya. Jika itu berupa sebutir kurma, niscaya ai akan tumbuh di telapak tangan Allah sehingga menjadi besar dari pada guinung. Sebagaimana seseornag di antara kamu menyemai benih atau memelihara anak unta. (HR Ahmad)
4.      Memberikan harta yang terbaik untuk bersedekah
            Ini sangatlah penting, jangan sampai kita menyedekahkan barang, makan, atau harta yang jelek kualitasnya. Berikanlah harta yang baik kondisinya serta layak untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Bahkan jika kita mampu secara finansial, berilah sesuatu yang sangat bagus untuk diberikan kepada orang yang mampu, karena pada dasarnya kita meberikan itu untuk Allah swt.
5.      Bersedekah kepada orang yang membutuhkan
            Yang terakhir ini begitu penting. Berilah sedekah kepada orang yang benar membutuhkannya. Meskipun itu sanak famili kita, karena memang terkadang kita harus memberikan terlebih dahulu kepada orang terdekat kita. Intinya adalah berikan sedekah kepada orang yang sangat membutuhkan, jangan sampai salah memberikan.

            Demikianlah syarat agar sedekah kitaditerima oleh Allah swt, semoga bisa sedikit memberikan informasi tambahan tentang bagaimana seharusnya kita bersedekah dengan baik dan tujuan kita membantu orang juga tercapai sehingga Allah pun menilah kita dengan baik pula. Amin. Terima kasih.

\           wassalamu'alaikum wr wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »