Amalan Agar Terhindar dari Api Neraka



      Amalan Agar Terhindar dari Api Neraka - Siapa yang ingin terkena siksa kubur? Saya rasa tidak satu orangpun yang ingin mendapatkannya. Karena sudah digambarkan dengan sangat jelas betapa pedihnya siksa kubur bagi manusia, terutama bagi manusia yang berlumuran dengan dosa dimana ketika hidup hanya melakukan perbuatan doa atau maksiat saja. Setiap manusia yang melakukan dosa kelak di akhirat akan dihisab semua dosa-dosanya dengan api yang menyala-nyala. Bayangkan saja betapa pedihnya suatu suksaan neraka.

                Namun banyak para ulama yang menyebutkan beberapa cara untuk terhindar dari pedihnya siksa api neraka. Seperti dengan meluangkan beberapa menit setiap hari maka anda bisa terhindar dari api neraka yang pedah.

                Kita harus selalu ingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan itu akan ditimbang di pengadilan Allah swt kelak. Entah itu perbuatab baik atau buruk, perbuatan yang besar atau kecil sekalipun semuanya akan dihisab di hadapanNya. Karena sudah jelas digambarkan di dalam Al Qur'an. Apa anda masih ingin berbuat kebatilan dan maksiat?

Baca Juga 

                Alam kubur sendiri adalah alam penantian manusia sebagai jelan ke alam akhirat. Nah, di dalam alam kubur inilah Allah swt memperlihatkan apa yang telah dilakukan manusia akan mendapatkan ganjarannya. Jika orang itu selalu berbuat amal shaleh maka otomatis akan mendapatkan kemudahan di alam kubur dan dapat mencium wangi surga dari kejauhan tetapi jika dia hanya melakukan amal buruk dan maksiat selama di dunia Allah swt memperlihatkan betapa pedihnya siksa api neraka yang begitu menyakitkan. Disinilah nanti orang-orang munafik akan merasa ketakutan? Kenapa dinamakan munafik? Karena mereka tidak mau mengikuti aturan Allah yang sudah tertulis dalam Al Qur'an.
                Ada ulama yang mengatakan bahwa dengan cukup membaca QS Tabarak ayat 67 dan QS Al-Mulk setiap malam atau setiap hari bisa menghindarkan dari siksa kubur yang menyakitkan. Tapi ini jangan dijadikan sebuah patokan. Karena lebih baik kita melakukan amal shaleh seperti shalat, puasa , zakat dan sebagainya, karena hal-hal tersebut merupakan kewajiban seorang muslim yang tidak bisa ditawar dan harus dikerjakan.

                Semua makhluk hidup terutama manusia di dunia ini tidak pernah luput dari salah maupun dosa yang mampu membawa manusia ke lembah kesengsaraan di akhirat yaitu neraka. Oleh karenanya kita memang diwajibkan melaksanakan apa yang sudah ditetapkan dan diwajibkan oelah Allah swt dan menghindari apa sudah dilarang oleh Allah swt.

                Semoga bisa bermanfaat dan bisa memberikan renungan kepada kita semua untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah swt, karena tidak ada yang abadi dan semua mausia akan kembali kepada Nya untuk mempertanggung jawabkan apa yang sudah dilakukan di dunia ini. Terima Kasih


                Wasaalamu'alaikum Wr. Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »