Doa Mohon Petunjuk




                Doa Mohon Petunjuk - Supaya bisa mendapatkan kehidupan yang bahagia, kita harus bisa pandai-pandai dalam memilih akan sesuatu hal. Tetapi tidak bisa di pungkiri memilih bukanlah suatu perkara yang mudah, karena dengan akan adanya pilihan berarti akan ada entah itu kerugian atau keuntungan yang bisa kita dapatkan. Terkadang dengan banyaknya suatu pilihan menjadikan kita menjadi lebih bingung.

                DOA MOHON PETUNJUK
                Ya, sebuah kebingungan ketika kita dihadapkan dengan dua, atau bahkan lebih sebuah pilihan. Tetapi itulah hidup kita diharuskan memilih. Meskipun kita tidak akan pernah tahu di masa mendatang mana yang akan menjadikan kebaikan atau bahkan akan menjadikan sebuah keburukan yang akan menimpa kepada kita. Dalam Islam sendiri telah ajarkan oleh baginda Rasulullah saw, bahwa ketika kita dihadapkan akan sesuatu pilihan yang sulit maka kita diwajibkan berserah diri kepada Allah swt, dan mulailah memanjatkan doa kepada Nya. Karena segala sesuatu yang akan ditimpakan oleh kita merupakan takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah swt.
                Dengan berdoa siapa saja bisa meminta kepada Nya, tanpa terkecuali jika kita menghadapi kebimbangan menentukan suatu pilihan, mulailah memanjatkan sebuah doa mohon petunjuk kepada Dzat yang memberi kehidupan yaitu Allah swt, karena pilihan merupakan sebuah ketertarikan hati. Dengan adanya kita berdoa, bisa menjadikan hati yang mudah sekali berbolak-balik ini memiliki ketertarikan pada satu pilihan. Contoh doa mohon petunjuk yaitu seperti pada QS Al Imran ayat 8 :



                “Robbanaa laa tuzigh quluubana, ba’da idz hadaitanaa, wa hablanaa min ladunka rohmatan, innaka antal wahhaab.”
Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

                Namun terkadang dengan berdoa saja tidaklah cukup, karena bisa saja kita dihadapkan dengan suatu perkara yang sulit untuk kita pilih. Dalam Islam pun menganjurkan untuk melaksanakan shalat Istikharoh. Shalat ini biasanya dilakukan menjelang malam dengan penuh keheningan atau kesunyian supaya kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan ketenangan inilah kita lebih khusyuk lagi dan pastinya bisa merasakan dekatnya dengan Allah swt.

                Selain dengan doa mohon petunjuk dan Shalat Istikharoh, kita diwajibkan ikhlas dengan apa yang nanti Allah berikan atas apa yang kita pilih. Karena apapun yang hadir dalam kehidupan kita merupakan takdir yang Allah berikan, mau itu baik atau beruk sekalipun itulah takdir yang harus kita jalani dengan penuh keikhlasan. Dan semua dengan menjalani takdir itu kita bisa lebih ikhlas dan mendapatkan ridho Nya. Amin.

                Demikialah doa mohon petunjuk ketika dalam kesulitan memilih. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang sedang mengalami kesulitan. Semoga bisa diamalkan dan dihafalkan. Terima kasih.


                Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »