Hikmah Adanya Dosa







Hikmah Adanya Dosa - setiap orang sudah pasti memiliki dosa, dan setiap manusia harus bisa mengerti akan hikmah adanya dosa. Dosa itu apa dan bagaimana cara untuk bisa meghilangkannya? Agama Kristen menyatakan bahwa mereka telah ditebus oleh darah Yesus ketika ia disalib. Karena dalam darah manusia biasa dianggap terlalu kotor sehingga tidak bisa untuk membersihkan dosa-dosa yang ada sehingga mereka beranggapan bahwa hanya Yesuslah yang bisa membersihkan dosa-dosa orang kristen. Tetapi berbeda dengan Islam, Islam tidak pernah mengajarkan konsep yang diterapkan seperti agama Kristen, tetapi Islam mengajarkan cara menghilangkan dosa dengan cara bertobat meminta ampunan kepada Allah swt. Dengan cinta dan kasih sayang Nya, Allah selalu menurunkan ratusan, puluhan, jutaan bahkan tak terhingga banyaknya hidayah yang turun ke bumi, seperti hujan yang terus menerus jatuh ke bumi, sehingga sebenarnya manusia sangat di manjakan. Namun sayang orang terkadang tidak bisa merasakan hidayah yang telah Allah swt berikan kepadanya. Sehingga selalu saja mengulangi kesalahn-kesalahn dosa yang sebebarnya sudah pernah ia lakukan.

Hikmah adanya dosa bukan sebuah perkara dimana Allah swt menciptakan dosa kemudian setelah jutaan tahun baru membuat suatu pengampunan dosa, tapi bagai seekor lalat yang mempunyai dua buah sayap, dimana sayap yang satu memiliki racun sementara sayap yang satunya memiliki sebuah penawar. Begitu juga di dalam diri manusia mempunyai dua sayap dimana yang satu menyimpan keburukan atau maksiat namun yang satunya memiliki rasa penyesalan dan berkeinginan untuk bertobat.


Dengan adanya tobat menandakan adanya penyesalan. Ini meruapak hal yang wajar, dimana jika seseorang menyakiti orang lain maka setelahnya ia akan mersa bersalah, seolah-oleh seperti tadi seekor lalat kedua sayangnya mengepak secara bersamaan, dimana racun bereaksi namun anti racunya ikut menyembuhkan. Kini pertanyaan baru muncul, kenapa dosa itu dibuat, kenapa manusia diciptakan untuk selamanya menjadi seorang yang suci, menjadi orang yang sempurna. Seperti di andaikan sebelumnya racun jika sudah melalui sebuah proses akan menjadi penawar racun. Kita bisa melihat sudah banyak sekali racun-racun yang ada dibuat dan diramu untuk menjadi sebuah anti racun. Karena dari sebuah kesalahan seorang manusia pasti akan belajar menjadi insan yang lebih baik lagi ketimbang sebelumnya.

Jika ada dosa maka akan timbul racun yang lain, semisal racun keangkuhan yang jika dipelihari terus menerus akan menghancurkan manusia itu sendiri secara perlahan-lahan. Jadi tobat akan menjadi fungsi menghilangkan. Dengan adanya tobat akan menghindarkan manusia pada sifat takabur dan ujub yang sangat dibenci oleh Allah swt.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »