Allah Pasti Menjamin Rezeki Kita, Hikmah dari Cerita Nabi Sulaiman as





Artikel Islam-Kisah Nabi Sulaiman as memohon izin kepada Allah swt untuk memberikan makan seluruh makhluk di dunia dalam satu hari saja, semoga bisa diambil hikmahnya. Nabi Sulaiman suatu ketika punya keinginan untuk memberikan makan seluruh makhluk yang ada di dalam kerajaannya. Karena beliau merasa mempunyai kekuasaan atas bangsa jin dan hewan serta memiliki kekayaan yang berlimpah ruah. Menjadikan Nabi Sulaiman as merasa mampu untuk memberikan makan seluruh penduduknya dalam satu hari penuh.

Oleh karenanya, Nabi Sulaiman mulai bermunajat meminta izin untuk memberikan makan kepada makhluk yang hidup di dalam kerajaanya. Kemudian Allah menurunkan firmannya " Engkau sekali-kali tak akan dapat melakukan hai itu." Tetap Nabi Sulaiman as tetap bersikeras dan ia memohon kembali kepad Allah swt untuk memberi makan kepada seluruh makhluk dalam satu hari saja. Melihat keinginan Nabi Sulaiman, allah swt memberikan izin kepada Nabi Sulaiman untuk melakukan apa yang beliau inginkan.


Setelah mendapatkan izin, Nabi Sulaiman mulai melaksanakan hajatnya, beliau mulai memerintahkan semua anak buahnya untuk menghidangkan makanan dengan jumlah yang sangat besar, sebesar lapangan yang sangat besar. Sehingga ada riwayat yang mengatakan panjangnya makanan itu sejauh perjalanan satu bulan. Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya untuk mengitari makanan tersebut sehingga makanan yang sudah disiapkan tidak rusak.

Lalu Allah swt berfirman " Manakah makhluk yang akan engkau suruh mulai menyantap makanan itu terlebih dahulu?". Nabi sulaiman menjawab "Aku mohon Engku hadapkan penduduk darat dan sekaligus penduduk laut untuk menyantap hidangan ini terlebih dahulu". Setelah itu Allah mendatangkan seekor ikan yang paling besar dari semua ikan yang ada di dunia. Setelah sudah di hadapkan sangan ikan di hadapan hidangan yang sudah dibuat oleh Nabi Sulaiman as. Sang ikan berkata "Allah telah menjadikan rezeki ku berada di tanganmu" ujar sang ikan. "ambillah seluruh makanan itu hingga kau kenyang" ujar Nabi Sulaiman. Setelah ikan itu memakan seluruh hidangan yang ada sang ikan pun berkata "Hai sulaiman, aku sesungguhnya belum merasa kenyang". Melihat kejadian tersebut, Nabi Sulaiman as menjadi tersadar, bahwa hanya Allah swt yang bisa memberikan rezeki kepad semua makhluk-Nya hingga mereka merasa kenyang.

Padahal Nabi Sulaiman sudah berusaha menyiapkan makan yang sudah begitu luar biasa banyak, tapi untuk menjadikan seekor ikan saja tidak bisa menjadikan ikan tersebut menjadi kenyang. Apalagi untuk menyiapkan makanan untuk seluruh makhluk yang ada di bumi.


Tentunya, nabi sulaiman akan merasa sangat lelah, karena untuk menjadikan seekor ikan menjadi kenyang dalam satu hari saja beliau tidak mampu. Apalagi harus menyiapkan semua makanan untuk makhluk yang ada di muka bumi. sudah tentu hanya Allah Zat Yang Maha Pemberi Rezeki saja yang mampu memberikan semua rizki kepada seluruh makhluk di bumi. Selanjutnya Nabi Sulaiman bersujud di hadapan Allah swt. Belia menyadari betul bahwa beliau hanya makhluk yang mempunyai kelemahan, dan tidak akan pernah bisa melakukan sesuatu kecuali atas kehendak dan ridho Allah swt. Sambil bersujud Nabi Sulaiman berkata "Maha suci Allah, zat yang telah menanggung semua rezeki bagi seluruh makhluk yang diberi rezeki, tanpa Dia merasakan sama sekali"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »