Google Maps Kini Lebih Jernih Dengan Landsat 8



Google akhir-akhir ini memberikan update terbaru untuk layanan Peta Google Maps. Dilihat-lihat sepertinya foto satelit milik Google tampil lebih jernih dari sebelumnya, karena terlihat memiliki resolusi yang lebih tajam sehingga foto yang diambil dan ditampilkan do Google Mpas lebih detail, tajam dan warnaya cukup beragam atau lebih kontras.

Ini semua berkat satelit Landsat 8 yang mulai di operasikan Oleh United States Geological (USGS) dan NASA sejakat tahun 2013, yang menggantikan satelit Landsat 7 yang sudah dimakan usia dan akhirnya dipensiunkan.

Foto satelit yang di hasilkan oleh Landsat 7 memang memilki resolusi yang rendah sehingga hasil tangkapan foto Bumi tidak cukup tajam. Cacatnya resolusi kamera Landsat 7 ini memberikan dampak juga adanya garis-garis diagonal. Dibeberapa data ada sebagian area yang menjadi hilang karena kecacatan ini.

"Update ini dimungkinkan berkat program Landsat dan komitmen menyediakan datanya secara gratis dan bisa diakses siapa saja", tulis google di blog resmi mereka.

Hasil foto yang dihasilkan oleh Landsat 8 memang gratis. Ukuran fotonya bisa mencapai 700 triliun pixel itu dirangkai menggunakan API Earth Engine yang sifatnya sangat terbuka.

Foto-foto jepretan Landsat 8 yang dihadirkan di Google Maps juga bisa ditemui di Google Earth dengan mengaktifkan lapisan (Layer) foto satelit do Google Maps.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »