Karl Landsteiner di Doodle Google, Siapa dia?


Selasa 14/06/2016 Google merubah tampilan Doodle mereka. Ya, Google memang senang merubah tampilan Doodle mereka yang biasanya digunakan untuk memperingati hari lahir seseorang atau memperingati hari-hari penting. Hari ini Google merubah Doodle mereka dengan gambar seorang ilmuan yaitu Karl Landsteiner. Siapa dia?

Karl Landsteiner merupakan ilmuan yang sangat penting di abad 20 terutama dibisang kedokteran yang ia dalami. Beliau adalah seorang penemu klasifikasi golongan darah yaitu Golongan darah A, B,AB dan O. Kalian pasti tahu hal ini kan tapi jarang mengetahui siapa yang mengklasifikasikan golongan darah tersebut. Dengan penemuan belian yang menemukan penggolongan darah tersebut belian diganjar dengan penghargaan nobel dibidang kedokteran pada tahun 1930. Karl Landsteiner lahir di Wina Austria pada tanggal 14 Juni 1968 yaitu anak seorang doktor hukum dan seorang jurnalis yang meninggal ketika Karl Landsteiner berusia 6 tahun.

Ketika masih menjadi pelajar Karl sudah terjun dalam dunia penelitian. Ia sendiri pernah memaparkan risetnya tentang pengaruh diet terhadap komposisi abu darah. Dia kuliah di ilmu kedokteran Universitas Wina dan aktif di Laboratorium Hantzach di Zuric, Lab E Bambebger di Munich.

Karl juga terjun di dunia fisiologi dan sempat mempublikasikan penelitian tentang anatomi abnormal dan kekebalan tubuh. Kerja keras Landsteiner di bidang patologis, histologis dan imunologi sangat besar, dia dikenal sangat cermat dan penemuannya yang fenomenal adalh penggolongan darah yang sampai saat ini dipakai diseluruh dunia

Sampai akhir hayat beliau terus meneliti golongan rah, aspek kima, antigen, antobodi. Beliau meninggal pada tanggal 24 Juni 1943 karena serangan jantung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »