Berbuka Ala Rasulullah saw.


                Banyak sekali hadits-hadits yang mengungkapkan adab-adab Rasulullah dalam hal berbuka puasa. Karena  contoh yang baik bersumber dari Rasulullah saw, maka ada baiknya dalam bulan Ramadhan yang awal ini kita mampu meniru sunah-sunah beliau supaya nilai ibadah kita dapat bertambah lebih banyak lagi. Berikut ini adad berbuka puasa yang Rasulullah anjurkan:

  1. Menyegerakan berbuka Puasa setelah Masuk Waktu Maghrib
                Bukan rahasia lagi bahwa Rasulullah menganjurkan berbuka setelah masuk waktu maghrib dengan segera. Sesuai dengan riwayat Abu hurairah r.a Rasulullah bersabda: "Agama ini akan senantiasa menang selama manusia menyegerakan berbuka, karena orang-orang yuhudi dan Nasrani mengakhirinya. Hikmah dari tuntunan ini adalah dengan kita mendahulukan berbuka puasa akan memberikan dampak kepada kita ketika melaksanakan shalat maghrib menjadi lebih khusuk.
  1. Berbuka puasa dengan makan Tamar, Rutab atau Air.
Ketika berbuka puasa banyak yang mengatakan dengan makan makanan yang ringan terlebih dahulu atau yang mudah di serap oleh tubuh kita. Dalam hadits yang diriwayatkan imam Ahmad dan tirmidzi Rasulullah bersabda : ''Berbuka puasalah denganbeberapa buji rutab sebelum shalat. Sekiranya tidak ada rubat maka dengan beberapa biki tamar, dan apabila tidak ada tamar maka minumlah seteguk air.
Rutab disini yaitu kurma yang masih basah lembut daging dan rasanya manis. Sementara tamar ialah kurma yang telah masak atau kering. Banyak yang mengatakan juga Rasulullah ketika berbuka meminum segelas air dan 3 buah biji kurma.

  1. Tidak berlebihan
Inilah merupakan kebiasaan banyak orang, ketika sudah berbuka puasa akan melahap apa saja makanan yang ada di depannya seperti balas dendam tidak makan seharian penuh. Padahal ini salah, karena sesuai dengan firman Allah di surat Al 'Araf ayat 31 " Dan makan dan minumlah kamu, dan janganlah berlebihan. Sesungguhnya Dia (Allah) tidak suka orang yang berlebih-lebihan.

  1. Berdoa
Ketika berbuka puasa jangan sampai kita lupa berdoa, karena selai dari ungkapan rasa syukur kita setelah selesai melaksanakan puasa satu hari penuh dan supaya amal puasa kita diterima, doa setelah puasa merupakan salah satu jenis doa yang mustajab. Seperti dari Abu hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasululah saw bersabda : "Tiga doa yang dikabulkan : doa orang yang berpuasa, doa orang yang teraniaya dan doa orang musafir.

Demikianlah beberapa sunah yang biasa dilakukan Rasulullah saw, semoga dibulan puasa ini bisa menjadikan kita selalu ingat akan kebesaran-Nya dan lebih mendekatkan kita kepada Allah swt  Amin Ya Rabbal Alamin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »