10 Manfaat Berpuasa Ramadhan Yang Mengejutkan

Puasa Ramadhan adalah kewajiban seorang muslim yang tidak bisa ditawr-tawar lagi, dengan dibulan yang suci itu juga banyak sekali pahala yang disebarkan. Namun tidak hanya itu saja, dengan berpuasa akan memeberikan manfaat yang tidak disangka-sangka. Berikut ini 10 manffat berpuasa yang mengejutkan:

  1. Ketika berpuasa akan terjadi oeningkatan HDL dan aporotein alfa1 dan akn menurunkan LDL yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Dalam penelitian chronobiological memperlihatkan bahwa ketika melaksanakan puasa Ramadhan akan mempengaruhi ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glesemia yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

  2. memeberikan efek psikologis menjadi cenderung lebih tenang dan mengurangi sifat amarah karena menurunya jumlah adrenalin. Ketika marah andrenalin meningkat sebanyak 20-30 kali lipat. Andrenalin juga menambha pembentukan korlesterol sehingga mnyebabkan meningkatnya penyakit pembuluh darah.
  3. Ketika berpuasa jumlah sel yang mati mencapai 126 juta perdetik. Hal ini terjadi karena perubahan dan konversi masif yang masif dalam asam amoni yang terakumuliasi dari makanan, sehingga membaerikan kesempatan untuk sel baru untuk memperbaiki fungsi kinerjanya.
  4. Dengan berpuasa akan menurunkan kadar gula darah, terkontrolnya tekanan darah dan kolesterol. Sehingga bagi para pengidap penyakit diabetes, kegemukan dan kolesterol berpuasa sangatlah dianjurkan. Kecuali jika sudah mengidap penyakit diabetes yang sudah parah.
  5. Membersihkan bagian usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, menghilangkan endapan-endapan makanan yang ada didalam tubuh.
  6. Mematahkan nafsu. Karena dalam keadaan berpuasa manusia akan cenderung lebih tenang dan emosinya lebih terkontrol.
  7. Ketika berpuasa sistem kekebalan tubuh manusia akan menjadi lebih kuat. Hal ini disebebkan karena terjadinya peningkatan limfosit seputh kali lipat.
  8. Ketika tubuh merasakan lapar, ternyata pikiran kita menjadi semakin tajam dan kreatif.
  9. Dengan berpuasa yang berarti mengurangi asupan makanan(kalori) akan meningkatkan kinerja otak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »