OpenBTS vs BalonGoogle

Akhir-akhir ini banyak orang memperdebatkan lebih baik mana, OpenBTS atau BalonGoole. Hal ini merujuk pada kegiatan pemerintah yang mulai melirik perusaan asal Amerika yaitu Google. Google lewat projectnya yaitu yang bernama Project Loon yang dimana project tersebut menyebarkan Internet di daerah-daerah terpencil yang tidak tersentuh oleh akses Internet. Baloon milik Google ini akan mengudara dan menyebarkan internet di ketinggian sekitar 20 kilometer di atas permukaan bumi.

                Sementara OpenBTS sendiri merupakan sebuah aplikasi yangmelaju di platfrom linux. OpenBTS sendiri ialah sebuah aplikasi opensource tap dalm pengadaan alanya atau hardwarenya harus membeli. OpenBTS tidak berbeda jauh dengan BTS yang ada disekitar kita,namun komponen OpenBTS lebih sederhana di banding BTS yang ada disekeliling lingkungan kita sehingga harga pembuatan OpenBTS lebih murah sekitar 15-25 juta /buah, berbeda dengan BTS biasa yang harganya bisa ratusan juta rupiah hingga miliaran juta rupiah. Jangkauan OpenBTS pun cukup luas untuk daerah-daerah yang memng tidak mendpatkan akses internet yaitu sekitar 20 kilometer.


                Namun apa yang terjadi pemerintah sepertinya lebih kepincut dengan Project Loon milik perusaan raksaksa asal Amerika yaitu Google. Hal ini yang memicu reaksi marah penggerak gerakan OpenBTS yaitu Onno W. Purbo. " Ya dicuekin. Mungkin karena rakyat biasa yang mengajukat, bukan corporate besar semacam Google. Yang terpenting ya niat. Niatnya mau pro-rakyat atau enggak. Sudah, itu saja, Pungkas Onno"
                Menurut penulis, sebenarnya sah-sah saja pemerintah menggandeng raksaksa Google, tapi pemerintah juga jangan menganak tirikan kreasi anak negeri sendiri. Jangan sampai kreatifitas anak bangsa malahan dicaplok oleh bangsa lain seperti yang sudah-sudah. Karena sudah banyak orang-orang indonesia yang tidak dilirik di dalam negeri tapi malahan dilirik bangsa lain bahkan jadi kiblat perkembangan teknologi didunia. Semoga baik OpenBTS dan Project Loon bisa berjalan beriringan dan menjadikan negara Indonesia yang memang daerahnya luas sehingga bisa tersentuh internet secara keseluruhan, karena semuanya untuk dinikmati masyarakat Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »