Doa Ketika dalam Kesulitan



        Kita pasti sudah sering mendengar bahwa kehidupan ini diibaratkan dengan roda yang selalu berputar, kadang bisa di atas atau bisa di bawah, dimana kadang kita bisa merasa sangat bahagia namun disuatu titik kita akan menemukan sesuatu yang membuat kita sangatlah menderita.
Saat di atas atau berada di dalam kebahagiaan kita sudah tentu diwajibkan untuk bersyukur akan nikmat yang telah Allah swt berikan, tidak boleh kita bahagia dan lupa siapa yang telah memberikan kebahagiaan itu. Karena dengan kita bersyukur akan nikmat yang kita dapat bisa menjadikan nikmat tersebut akan ditambahkan oleh Allah swt. Namun jika kita sedang dalam keadaan dibawah atau mengalami kesengsaraan yang menyulitkan kehidupan kita, alangkah bijaknya kita terus berusaha untuk keluar dari kesusahan itu dan jangan melupakan doa, karena doa merupakan bentuk meminta kepada Allah swt, dengan berdoa kita tidak menjadi orang sombong, karena kepada Allah swt lah kita meminta.

Doa Ketika dalam Kesulitan
          Problematika kehidupan bukan hanya di alami oleh kita, sahabat kita, keluarga kita,tapi para nabi dan Rasulullah sekalipun merasakan yang namanya kesulitan dalam hidup, karena sudah barang tentu Allah swt menciptakan masalah kepada kita pasti ada hikmahnya atau maksud dibalik semuanya. Dengan masalah kita ditempa untuk tegar dan bersabar dengan apa yang sedang diujikan. Ingatlah bahwa dengan berdoa mohon dimudahkan dalam kesulitan itu wajib hukumnya, karena seperti yang dijelaskan diatas hanya Allah swt lah yang akan membebaskan kita dari segala macam kesulitan yang kita hadapi, meskipun kita tahu sepertinya kesulitan hidup itu secara akan manusia tidak bisa dipecahkan tapi atas kehendak Allah swt, segalanya mungkin, segalanya bisa bagi Nya. Jadi jangan segan satau bahkan sungkan berdoa kepada Allah swt, Allah swt sangat suka orang meminta kepadaNya. Berikut ini doa dalam kesulitan :



Latinnya : “Laa Ilaha Illalloohul ‘Adzhimul Halim, Laa Ilaha Illalloohu Robbul ‘Arsyil ‘Azhim, Laa Ilaha Illallohu Robbus Samawati wa Robbul’ Ardhi wa Robbul ‘Arsyil Karim.”

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia.” 


          Ibnu Abbas ra mengatakan bahwa doa di atas yang biasa di panjatkan oelah Rasulullah saw merupakan doa yang sangat agung. Dengan kita membaca doa tersebut insyallah akan memberikan ketenangan batin dan ketenangan pikiran.

Demikianlah doa dalam kesulitan, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »