Waktu yang dilarang untuk Tidur Menurut Islam



Learning-Tidur mrupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia. Manusia tidur minimal 6jam sehari, Karena tubuh sangat membutuhkan istirahat setelah beraktifitas.
Namun tidur sendiri memiliki aturannya sendiri dan tidak boleh sembarangan.
Ingin tahun kapan saja boleh kita diperbolehkan tidur? Ayo kita simak ulasanya berikut ini.

1. Tidur setelah Shalat Subuh.
Tidur di pagi hari setelah shalat subuh tidak dianjurkan bahkan dilarang diagama islam. Keran waktu tersebut merupakan waktu yang paling berharga bagi orang-orang shalih. Rasulullah saw sendiri setelah shalat subuh beliau duduk di mesjid sampai terbitnya matahari.

2.Tidur sebelum Shalat Isya
Tidur setelah shalat maghrib juga dilarang oleh islam, karena pada waktu ini lebih baik digunakan untuk beribah kepada Allah swt. Kebanyakan ahli ilmu pun meriwayatkan tidur setelah shalat maghrib itu hukumya makruh.

3.Tidur setelah shalat Ashar
Terdapat dua pendapat tentang tidur setelah shalat ashar yaitu yang pertama, hukumnya makruh sebagaimana disebutkan oleh para fuqaha'. Karena bisa menyebabkan malas dan ada yeng menyatakan juga bisa menghilangkan akal. Namun pendapat yang kedua ada juga yang memeprbolehkan karena dilihat dari hukum asal tidur yaitu mubah. Tapi penulis sendiri lebih menganjurkan untuk tidak melaksanakan tidur setelah shalat ashar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »