Cara Berdoa Agar Cepat di Kabulkan Oleh Allah SWT



Artikel Islam, Cara Berdoa Supaya Cepat Terkabul - Berdoa merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh seorang hamba, terutama jika sedang mendapatkan sebuah masalah, meskipun berdoa tidak mesti dilakukan ketika kita dalam keadaan susah saja, tetapi ketika kita dalam keadaan lapang atau bahagia kita diwajibkan berdoa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt. Bisanya seorang muslim akan berdoa meminta kepada Nya ketika setelah selesai melaksanakan shalat fardlu/wajib. Allah sangat menyukai hambanya yang gemar berdoa atau meminta kepada NYA, karena dengan berdoa menandakan seorang muslim menjadi dekat kepadA Allah dan menjadikanya tidak sombong, sesungguhnya apa yang terjadi di dunia merupakan ketentuan yang dibuat oleh Allah swt.
Doa sendiri meruapakan suatu senjata yang dimiliki oleh seorang muslim karena hal tersebut menandakan dengan kita berdoa, kita merasa lemah tanpa pertolongan dari Allah swt, orang yang tidak sering berdoa atau bahkan tidak pernah berdoa menandakan orang tersebut merupakan orang yang sombong dan hina. Ada beberapa cara yang perlu dicermati ketika berdoa, supaya cara kita dalam berdoa menjadi benar dan doa kita jadi mudah terkabul. Berikut ini kami sampaikan beberapa cara yang insyallah bisa membuat doa lebih cepat terkabul, meskipun tetap terkabul atau tidaknya suatu doa itu merupakan hak Allah, namun sebagai manusia kita harus selalu berikhtiar.

  1. Berdoa pada waktu-waktu mustajab
Cara berdoa yang pertama supaya doa tersebut diijabah oleh Allah yaitu dengan berdoa ketika waktu-waktu mustajab. Seperti berdoa ketika Bulan Ramadhan, berdoa diantara Adzan dan Iqomah, berdoa di sepertiga waktu malam, berdoa ketika hujan turun dan yang terakhir berdoa ketika menjelang berbuka puasa.
Doa ketika waktu Azan dan Iqomah banyak yang mengatakan sebagai waktu dimana doa  tidak akan tertolak, ketika hujan juga demikian karena Allah sedang menurunkan rezekinya ke bumi dan sepertiga malam sudah sangat jelas Rasulullah saja sangat menganjurkan umatnya untuk bangun di sepertiga malam melaksanakan shalat tahajud dan berdoalah karena di sepertiga malam segala macam doa akan terkabulkan.

  1. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan
Nabi Muhammad bersabda "sesungguhnya Allah swt maha pemalu dan maha pemurah terhadap seseorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kemudian tangannya kembali kosong dan kehampaan".

  1. Dengan Suara Lirih dan penuh kekhusyuan
Sesuai dengan QS Al A'raf ayat 55 "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan merendah diri dan suara yang lembut.

  1. Yakin dengan doanya akan dikabulkan oleh Allah
Cara yang keempat yaitu berdoa dengan penuh keyakinan, bahwa Allah akan mengabulkan segala macam doa yang dimohonkan oleh hamba-hambanya yang penuh dengan keyakinan. Kita tidak perlu khawatir dengan doa-doa yang selalu kita panjatkan. Allah maha mendengar, maha mengetahui segala urusan yang baik dan yang buruk.

  1. Berdoa dengan tidak tergesa-gesa.
Berdoalah dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, karena tergesa-gesa merupakan temanya setan. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda "Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atay kenap tidak diijabahi” (Imam Bukhari)

  1. Berdoa dengan memuji Allah
Dalam berdoa kita dianjurkan untuk memuji kebesaran Allah swt. Allah sangat suka sekali dipuji, maka tidak ada salahnya kita memuji Nya, supaya apa yang kita minta di dalam sebuah doa cepat terkabul.

  1. Mengakhiri dengan Shalawat Nabi
Nabi Muhammad saw merupakan Nabi penutup seluruh nabi dan Nabi yang paling dicintai oleh Allah swt, sehingga sering-sering lah membaca shalawat atas nabi supaya menguntungkan bagi kamu.

Demikianlah beberapa cara supaya doa yang kita panjatkan lebih cepat dikabulkan. Meskipun kita juga harus ingat semua doa tidak mesti dikabulkan oleh Allah swt. Allah tahun mana yang baik dan mana yang buruk bagi hambanya, dan pasti Allah akan memberikan yang baik bagi hamba-hambanya.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini di media sosial, sehingga bisa dibaca dan menjadi manfaat bagi orang banyak. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »