Rata-Rata UN turun, tap Indeks Integritas UN Naik


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menjelaskan hasil UN SMP tahun 2016 mengalami penurunan sebanyak tiga poin ketimbang tahun lalu. Tapi beliau menjelaskan hal ini terjadi dikarenakan naiknya tingkat Indeks Integritas UN.

Beliau menjelaskan hasil UN SMP dalam jumpa pers dengan Judul Pemaparan Hasil Unjian Nasional SMP 2016. Tahun 2016 diikuti sebanyak 4,6 juta siswa sederajat, dan sekitar 4,2 juta siswa mengikuti UN dengan berbasis kertas dan pensil dan sisnya yaitu sebnyak 156 ribu siswa menggunakan UN berbasi komputer.


Pada tahun ini rata-rata nilai sebesar 58,57 sementara tahun 2015 sebesar 62,18 turun 3,6 poin dari tahun lalu. Namun dikarenakan indeks integritas yang naik hal ini menendakan semakin jujur dalam penerpan UN tahun ini. 

Kemendikbud pun mengapresisi daerah-daerah yang menunjukan peningkatan indeks integritas Ujian Nasional, daerah yang tertinggi yaitu dari Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa tengah, Jawa Barat, Bengkulu dan Kepulauan Riau. Dengan adnya IIUN dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada sekolah-sekolah yang ada untuk membina guru-guru dan murid di sekolah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »