TAHARAH (Bersuci)

      Taharah sendiri memiliki arti bersih dan suci. Sementara menurut istilah taharah adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan badan, pakaian dan tempat dari hadas dan najis. Taharah menggunakan alat-alat untuk bersuci seperti air dan tanah dengan tata cara (syarat dan rukun tertentu). Taharah sendiri terbagi menjadi dua di dalam Islam, yaitu taharah secara lahir dan taharah secara batin.
       Bersuci secara lahir dilakukan untuk menghilangkan segala macam kotoran yang menempel pada tubuh kita (hadas dan najis), sementara bersuci secara batin yaitu membersihkan hati dari segala macam bentuk penyakit hati semisal iri, dengki, hasad, sombong dan lain sebagainya.
       Taharah dalam islam sangatlah penting, karena merupakan bagian dalam menjaga ibadah umat islam, sementara dalam beribdah merupakan bentuk berhubungan manusia kepada Allah swt. Sehingga sangatlah penting seorang manusia terutama umat muslim menjaga kebersihannya, seperti panggalan hadist berikut. "Kebersihan sebagian dari Iman".

Hadats dan Najis

Dalam Taharah kita dikenalkan Hadas dan Najis. Setiap muslim yang hendak melaksanakan Ibadah terutama shalat disyaratkan untuk suci dari hadats dan najis. Hal ini menunjukan bahwa sebagai muslim harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian. hadats dan najis merupakan dua hal yang sangat berbeda. Namun, dalam pengertian sehari-harinya kita cenderung lebih menyamakan keduanya.
Setelah mengerti hal ini diharapkan kita lebih bisa menjaga kesucian kita sehingga ibadah yang akan kita laksanakan (shalat) itu bisa menjadi sah dimata Allah swt. Amin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »