Proses Kejadian Hari Kiamat Sugra Dan Kubra Terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits

Kematian makhluk Allah swt. merupakan salah satu bentuk kiamat kecil Peristiwa kiamat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra dan kiamat. Kubra Kiamat sugra atau kiamat kecil, yaitu peristiwa rusaknya sebagian alam seperti matinya sebagian makhluk hidup, rusaknya lingkungan alam, gunung meletus, gempa bumi, dan lain-lain sedangkan Kiamat kubra atau kiamat besar, yaitu rusaknya seluruh alam semesta beserta isinya. Pada peristiwa itu tidak ada satu makhluk pun ciptaan Allah swt. yang tidak rusak atau hancur. Semua binasa dan berubah menjadi alam akhirat. Sebagaimana firman Allah swt. dalam surah al-Haqqah ayat 13 – 15 yang berbunyi:

Faidza nufikha fissµri nafkhatuw wakhidahtun Wa khumilatilardu waljibalu fa dukkata dakkataw wakhidah tan Fayauma’idziw waqa‘atilwaqi‘ahtu

Artinya: “Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari Kiamat. (Q.S. al-Haqqah 13-15)

Setelah malaikat meniup sangkakala, semua makhluk hidup mengalami ajalnya kecuali Allah swt. yang kekal selama-lamanya. Firman Allah swt.:

Assamaau munfa’thirum bihi, kana wa‘duhu maf’ulan

Artinya: “Langit terbelah pada hari itu. Janji Allah pasti terlaksana. (Q.S. al-Muzzamil/73: 18)

Dari ayat di atas diketahui bahwa langitpun mengalami pecah belah, dengan demikian seisinya pun mengalami kerusakan yang sangat parah.

Rasulullah saw juga menjelaskan mengenai kejadian hari kiamat yaitu sebagai berikut:

“Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a, berkata: Rasulullah saw. bersabda bahwa pada hari kiamat Allah swt. melipat langit kemudian menggegamnya dengan tangan kanan lalu berfirman: Akulah raja! Dimanakah orang yang gagah perkasa? Di manakah orang yang menyombongkan diri? Kemudian Allah swt. melipat bumi dengan tangan kiri-Nya lalu berfirman: Akulah Raja! Di manakah orang gagah perkasa? Di manakah orang yang menyombongkan diri?” (H.R. Al-Bukhari Muslim).

Dari hadits Rasulullah saw. di atas kita mengetahui betapa kecilnya manusia-manusia yang ketika di dunia mengaku perkasa dan bersikap sombong akhirnya menemui siapa yang sesungguhnya perkasa dan berhak sombong yaitu Allah swt.

Itulah ayat-ayat Al Qur’an dan hadis tentang hari kiamat kubra dan sugra , mudah-mudahan Allah swt selalu memberi hidayah agar kita dapat menjalankan perintah dan menjauhi segala laranganNya, dan mudah-mudahan Allah selalu meridhai kepada kita semua amin…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »