Pengertian Islam dan 5 Rukun Islam


 


Agama Islam ada ketika abad ke 7 Masehi, yang dibawa oleh sosok manusia pilihan yaitu Muhammad saw. Beliau mengaku dikunjungi oleh malaikat jibril. Malaikat jibril mendatangi Nabi Muhammad saw dari mulai umur 23 tahun sampai beliau wafat. Malaikat jibril ditugaskan oleh Allah swt untuk memberikan wafyu-wahyunya kepada Nabi Muhammad saw. Wahyu yang diberikan kepada Nabi Muhammad diberikan secara berangsur-angsur tidak secara langsung diberikan semua. Wahyu-wahyu ini diberikan ketika Nabi Muhammad mendapatkan perintah maupun larangan.

Wahyu yang diberikan secara berangsur-angsur ini yang dinamakan Al Qur'an, tapi dahulu Al Qur'an tidak seperti sekarang yang sudah tersusun rapi dalam lembaran-lembaran kertas. Dahulu Al Qur'an masih dalam bentuk lembaran-lembaran saja dan tidak ditulis pada sebuah kertas namun di tulis di atas sebuah daun, tulang belulang, pelepah daun kurma, batu bahkan di kulit seekor binatang.

Al Qura'an merupakan kitab penyempurna setelah dahulu Allah swt telah menurunkan wahyu-wahyunya dimulai dari kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil dan yang terakhir dan yang paling sempurna ialah Kitab Al Qur'an. Islam mengajarkan bahwa Kitab Suci Al Qur'an merupakan otoritas paling tinggi dan merupakan wahyu terakhir yang wajib dijadikan sebagai pedoman hidup seorang muslim. Karena semua tuntunan hidup atau aturan-aturan hidup dari mulai kita lahir sampai kita meninggal dan berada di alam akhirat semua ada di dalam Kitab Al Qur'an. Sehingga umat Islam mengerti dan sangat menyakini kekuatan yang luar biasa di dalam Kitab Al Qur'an. Tidak ada sebuah buku, tulisan atau hasil pemikiran manusia yang bisa menyaingi kebesaran Kitab Al Qur'an. Untuk sekedar mencontoh saja manusia tidak akan pernah bisa apalagi membuat buku sehebat Al Aur'an.

sebagai seorang muslim dipastikan mempercayai bahwa Al Qur'an merupakan firman allah yang paling akhir dan sempurna. Meskipun Al Qur'an merupakan tuntunan utama bagi umat Islam adalagi yang namanya Sunnah. Sunnah merupakan seuatu sumber pengajaran kedua bagi umat Islam.
Sunnah adalah ucapan, perkataan dan tingkalah laku Nabi Muhammad saw. Hal ini berkaitan dengan apa yang dilakukan, dicupakan, dan dikatakan oleh Nabi Muhammad merupakan gambaran real Al Qur'an. Sunnah sendiri di tulis oleh sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw tentang yang dikatan, dilakukan oleh Nabi Muhammad saw.

Kepercayaan seorang muslim ialah bahwa "Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah". Cukup dengan mengatakan hal tersebut seseorang sudah sah di anggap masuk Islam. Katan muslim sendiri memiliki arti bahwa "orang yang takluk kepad Allah swt". Islam merupakan agama yang paling benar dan merupakan agama penyempurna agama yang terdahulu.


Islam memiliki 5 Rukun Islam
  1. Syahadat
Yaitu mengucapkan "tiada tuhan selain Allah dan Muhammad ialah utusan Allah"
  1. Sholat
Yaitu melaksanakan kewajiban shalat 5 kali dalam satu hari (Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya)
  1. Zakat
Yaitu harta yang kita miliki diwajibkan untuk diberikan kepada orang yang wajib mendpatkannya. Karena ada bagian kecil dari harta kita itu merupakan hak mereka.
  1. Puasa
Yaitu menahan segala yang membatalkan puasa, dari terbit fajar, sampai terbenamnya matahari.
  1. Haji
Yaitu berkunjung k Mekkah dan Madinah paling sedikit sekali seumur hidup.


Lima dari ini merupakan kerangka seorang muslim yang wajib dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Masuknya seorang muslim ke dalam surga itu tergantung seberapa taat dan patuh ia terhadap perintah dan larangan-larangan Allah yang telah dituliskan di dalam Kitab Suci Al Qur'an.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »